Perhitungan dosis isoniazid berdsarkan berat badan

Daftar dosis maksimal menurut FI digunakan untuk orang dewasa berumur 20 - 60 tahun, dengan berat badan 58 - 60 kg. Rumus Dilling's untuk anak 8 - 20 tahun Rumus perhitungan dosis berdasarkan umur Rumus Dilling's 3.

Apakah terdapat perbedaan antara luas permukaan tubuh pria dan wanita?

Solusi Jawaban: Nah lo kok ada obat yang tidak memiliki efek terapi?? Dalam Farmakope Indonesia edisi III dicantumkan dosis lazim untuk orang dewasa dan dosis lazim untuk bayi dan anak-anak Selain dinyatakan dalam umur, dosis lazim juga bisa dihitung berdasarkan berat badan pasien mengingat beberapa pasien ada yang tidak sesuai antara umur dan berat badannya.

Maka kita harus mengubah mg menjadi Mungkin temen-teman ada yang bertanya-tanya kok ada yang dikurangi-dikurangi dalam contoh perhitungannya?? Yang saat ini banyak dipakai adalah perhitungan dosis anak terhadap orang dewasa berdasarkan pada luas permukaan badan seberarnya, perhitungan inilah yang dianggap paling baik saat ini, karena perhitungan luas permukaan telah memperthitungkan bobot badan dan tinggi tubuh.

Tidak terjadi penyimpangan. Jika dosis diberikan untuk orang dewasa adalah berdasarkan bobot badan 60 kg. Maka akan lebih baik jika kita menggunakan pelarut sebanyak 9 cc. Dalam hal ini dokter ingin agar kita membagi satu obat tablet luminal 5 mg menjadi sepuluh bagian.

Nah disinilah pentingnya ilmu atau keterampilan komunikasi buat seorang apoteker hehehe. Berikutnya adalah menghitung dosis obat serbuk, ini yang paling jarang digunakan oleh masyarakat namun biasanya tetap ada beberapa jenis obat yang memakai obat serbuk ini seperti misalnya obat antibiotik, seperti ceftriaxone, cefotaxim, dan lainnya.

Bagaimana pemberian dosis untuk usia lanjut?

BOBOT BADAN, LUAS PERMUKAAN BADAN DAN DOSIS OBAT

Berapa milligram mg yang harus diterima oleh klien? Penghitungan obat anak Dua metode yang dianggap aman dalam pemberian obat untuk anak anak adalah metode berdasarkan berat badan kg dan luas permukaan tubuh m2.

Jika tidak mengerti sama sekali tentang farmakologi sebaiknya tidak mencoba-coba menentukan dosis obat sendiri jika tidak sangat terpaksa karena tidak ada yang bisa dihubungi sementara kondisi darurat.

Pemakaian diluar dosis lazim kurang atau lebih menyebabkan suatu permasalahan. Dokter meminta memberikan paracetamol tablet mg, satu kaplet obat memiliki sediaan mg. Rumus Thermich n: Jika perlu, frekuensi pemberian dosis dapat ditingkatkan untuk setiap 8 jam dengan coution.

Apabila pada resep tidak didapatkan data berupa berat badan pasien maka temen-temen bisa mencari hubungan antara berat badan dan usia ideal yang ada di ISO sehingga bisa dihitung dosisnya.

Dosis Maksimum DM searah: Contohnya misal pasien berusia10 tahun menerima exelase yang berisi Amylase, sanactase 50 mg, protease 60 mg, lipase 20 mg, meicelase 50 mg, pancreatin Berat badan dan luas permukaan tubuh Dua metode individual ini sering dipakai untuk menhitung dosis obat anak anak, dalam pengggunaan metode berat badan, koversi berat badan dalam pound menjadi kilogram kg untuk mengkonversi, bagilah pound dengan 2,2 supaya sama dengan kilogram.

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Cepat Dan Tepat

Untuk menghitungnya kita bisa menggunakan rumus dibawah ini: Perhitungan dosis bayi dan anak terhadap dosis dewasa dapat dilakukan berdasasrkan usia, bobot badan, atau luas permukaan badan. Sediaan obat 1 ml Heparin adalah IU, Jumlah pelarut cc.

Rumus perhitungan Dosis Gabungan sekali minum Rumus perhitungan Dosis Gambungan maksimum per hari Dosis untuk larutan mengandung sirup jumlah besar. Ada dua metode yang dipakai dalam pemberian cairan dan obat obat intravena: Apakah perlu dihitung satu per satu?? Dosis Terapi Therapeutical Doseyaitu dosis obat yang dapat digunakan untuk terapi atau pengobatan untuk penyembuhan penyakit.

Secara umum penggunaan dosis dalam terapi dibagi menjadi: Order dokter 0,05 mikrogram tetapi sediaan obat ialah mg.

Parameter obat: Sediaan obat Sanmol Forte syrup ialah mg tiap 5 mL mililiter Jawab: Nah di kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara menghitung dosis obat tablet, kapsul, syrup ataupun serbuk.

Misalnya kuman menjadi kebal atau penyakit tidak sembuh.Perhitungan Dosis Obat Sebelumnya kan saya telah membuat sebuah posting tentang Konsep Pemberian Obat yang saya ambil dari materi kuliah saya. kali ini saya akan membuat posting sambungan dari materi sebelumnya yang disampaikan oleh dosen yang sama yaitu ibu Laily Hayati,SST.

Berdasarkan berat badan Perhitungan dosis berdasarkan berat badan sebenarnya lebih tepat karna sesuai dengan kondisi pasien ketimbang umur yang terkadang tidak sesuai dengan berat badan, bila memungkinkan hitung dosis melalui berat badan dan lebih akurat lagi penghitungan dosis berdasarkan luas permukaan tubuh.

Dengan dosis obat dimaksud jumlah obat yang diberikan kepada penderita dalam satuan berat (gram, milligram,mikrogram) atau satuan isi (liter, mililiter) atau unit-unit lainnya (Unit Internasional). Perhitungan dosis berdasarkan berat badan sebenarnya lebih tepat karna sesuai dengan kondisi pasien ketimbang umur yang terkadang tidak sesuai dengan berat badan, bila memungkinkan hitung dosis melalui berat badanAuthor: Menghitung.

PERHITUNGAN DOSIS Beberapa Istilah • Dosis – Jumlah obat yang digunakan untuk mencapai efek terapeutik yang diharapkan • Dosis Lazim (DL), Dosis Maksimal (DM) • DL: Dosis yang biasa digunakan dalam keadaan normal • DM: Batas atas yang boleh digunakan dalam pengobatan • Regimen dosis – Jadwal pemberian.

Dosis maksimal berlaku untuk pemakaian sekali dan sehari. Penyerahan obat dengan dosis melebihi dosis maksimum dapat dilakukan dengan memberi tanda seru dan paraf dokter dibelakang jumlah obatnya.

Daftar dosis maksimal menurut FI digunakan untuk orang dewasa berumur 20 - 60 tahun, dengan berat badan 58 - 60 kg. Untuk orang yang sudah lanjut dan pertumbuhan fisiknya sudah mulai .

Perhitungan dosis isoniazid berdsarkan berat badan
Rated 4/5 based on 71 review