Patofisiologi penurunan berat badan pada dm

Kedua hormon ini membantu mengatur metabolisme. Klasifikasi Beberapa klasifikasi diabetes melitus telah diperkenalkan, berdasarkan metode presentase klinis, umur awitan, dan riwayat penyakit.

Penyebab penebalan tersebut tampaknya berkaitan langsung dengan tingginya kadar glukosa darah. Baradero,hal. Selanjutnya memberikan makanan yang lebih padat. Murray, Robert K. Proses keperawatan terdiri dari lima tahap yang saling berhubungan yaitu: Penebalan mikrovaskular tersebut menyebabkan iskemia dan penurunan penyaluran oksigen dan zat gizi ke jaringan.

Penyebab yang jumlahnya banyak dan bervariasi untuk terjadinya kelainan ini telah teridentifikasi. Hasil CT scan absomen kesimpulan: Selain itu, kematian fetus intrauterin pada ibu-ibu yang menderita tidak terkontrol juga meningkta.

Glikosuria ini akan mengakibatkan diuretik osmotik yang meningkatkan pengeluaran urine poliuria dan timbul rasa haus polidipsia.

ASUHAN KEPERAWATAN DM (DIABETES MELITUS)

Berikut ini adalah permasalahan dalam skenario 1: Penurunan berat badan ini bisa saja terjadi secara sengaja, seperti saat Anda melakukan diet atausecara tidak sengaja, seperti saat terkena penyakit seperti infeksi atau kanker.

Dengan metabolism karbohidrat mendekati normal, perawatan diberikan untuk menghindari hipoglikemia. Sebaliknya, pasien dengan diabetes tipe 2 mungkin sama sekali tidak memperlihatkan gejala apapun, dan diagnosis hanya dibuat berdasarkan pemeriksaan darah di laboratorium dan melakukan tes toleransi glukosa.

Pada penderita diabetes melitus proses ini tidak dapat berlangsung dengan baik sehingga glukosa banyak menumpuk di darah hiperglikemia.

Raloxifene merupakan formulasi kombinasi agonis estrogen dan antagonist estrogen dan mempunyai sifat selektif terhadap modulator reseptor. Diagnosa Keperawatan a. Sudoyo et. Kelainan genetik telah dikenali dengan baik dalam empat bentuk mutasi dan bentuk fenotif yang berbeda MODY 1, MODY 2, MODY 3, MODY 4 ; b kelainan genetik pada kerja insulin, menyebabkan sindrom resistensi insulin berat dan akantosis negrikans; c penyakit pada eksokrin pangkreas menyebabkan pangkreatitis kronik; d penyakit endokrin seperti sindrom Cushing dan akromegali; e obat-obatan yang bersifat terhadap sel-sel beta; dan f infeksi.

Karena digunakan untuk melakukan pembakaran dalam tubuh, maka klien akan merasa lapar sehingga menyebabkan banyak makan yang disebut poliphagia. Poliuria terjadi karena diuretik osmotik dari urin yang mengandung glukosa berlebih.

Patofisiologi Dm

Individu yang peka secara genetik tampaknya memberikan respons terhadap kejadian-kejadian pemicu yang diduga berupa infeksi virus, dengan memproduksi autoantibodi terhadap sel-sel beta, yang akan mengakibatkan berkurangnya sekresi insulin yang dirangsan oleh glukosa.12/9/ · Patofisiologi DM berpusat pada gangguan sekresi insulin dan/atau gangguan kerja insulin.

Penyandang DM akan ditemukan dengan berbagai gejala seperti poliuria (banyak berkemih), polidipsia (banyak minum) dan polifagia (banyak makan) dengan penurunan berat badan. DM merupakan salah satu penyakit degenerative dengan sifat kronis yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Pada tahunprevalensi DM di Jakarta baru sebesar,7%; pada tahun prevalensinya meningkat menjadi 5,7% dan pada tahun melonjak menjadi 12,8%. Penurunan ini yang akan beresiko pada penurunan fungsi endokrin pankreas untuk memproduksi insulin. (Sujono & Sukarmin,hlm. 73). b. Obesitas Obesitas mengakibatkan sel-sel beta pankreas mengalami hipertropi yang akan berpengaruh terhadap penurunan produksi insulin.

Hipertropi pankreas disebabkan karena peningkatan beban metabolisme glukosa pada penderita obesitas untuk. · Pada lansia cenderung terjadi peningkatan berat badan, bukan karena mengkonsumsi kalori berlebih namun karena perubahan rasio lemak-otot dan penurunan laju metabolisme basal.

Hal ini dapat menjadi faktor predisposisi terjadinya diabetes mellitus. Penyebab diabetes mellitus pada lansia secara umum dapat digolongkan ke dalam dua besar:5/5.

Apa itu Penurunan Berat Badan: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Cara Mengobati

Individu yang mempunyai kelebihan berat badan 50% diatas berat badan ideal mempunyai risiko untuk mengalami batu empedu sebesar 6 kali dibandingkan individu dengan berat badan normal.

8. Kanker Obesitas pada laki-laki disertai dengan angka kematian yang tinggi akibat kanker, termasuk kanker esofagus, kolon, rektum, pankreas, hati dan prostat.

Sampai saat ini diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah. Kebanyakan penderita diabetes tipe 1 memiliki kesehatan dan berat badan yang baik saat penyakit ini mulai dideritanya. Selain itu, sensitivitas maupun respons tubuh terhadap insulin umumnya normal pada penderita diabetes tipe ini, terutama pada Author: Nurse.

Patofisiologi penurunan berat badan pada dm
Rated 4/5 based on 31 review