Katabolisme lemak

Katabolisme Lemak 1. Sebagai bahan baku respirasi adalah karbohidrat, asam lemak, dan asam amino dan sebagai hasilnya adalah CO2 karbon dioksida, air dan energi.

Semua katabolisme tersebut saling berkaitan untuk menghasilkan energi. Gejala dan Komplikasi penyakit Diabetes Melitus Kencing manis 2. Sterol Sterol merupakan golongan lemak yang larut dalam alcohol, Mislanya kolesterol sterol. Struktur karbohidrat Karbohidrat merupakan sumber energi uatama dan sumber serat utama.

Pemecahan lemak dimulai saat lemak berada didalam system pencernaan makanan.

PROSES METABOLISME LEMAK

Di dalam tubuh manusia terjadi metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Tetapi, dihidroksi aseton fosfat dapat dengan cepat dan dalam reaksi dapat balik, berubah menjadi gliseraldehidfosfat oleh enzim isomerase triosa fosfat.

Terdapat dua golongan ester yaitu gliserol ester dan cholesterol ester. Oksidasi asam lemak terjadi dalam dua tahap, yaitu oksidasi asam lemak yang menghasilkan residu asetil KoA dan oksidasi asetil KoA menjadi karbon dioksida melalui siklus krebs.

Reaksi ini melibatkan pergeseran dapat balik gugus fosfat dari posisi 3 ke posisi 2. Pengaturan enzim, hormone 3. Katabolisme Protein Struktur Protein Dilihat dari tingkat organisasi struktur, protein dapat diklasifikasikan ke dalam empat kelas dengan urutan kerumitan yang berkurang. Energi hasil pemecahan lemak dimulai saat lemak berada didalam kebutuhan energi.

Sebagai bahan baku respirasi adalah karbohidrat, asam lemak, dan asam amino dan sebagai hasilnya adalah CO2 karbon dioksida, air dan energi.

Katabolisme Lemak Lemak yang masuk dalam pencernaan akan dipecah menjadi giserol dan asam lemak. Tiap-tiap gugus acetyl yang dihasilkan akan berikatan dengan coenzyme A membentuk acetyl-CoA.

KATABOLISME LEMAK

Selain kelompok tersebut juga masih ada oligosakarida yang memiliki monosakarida lebih pendek dari polisakarida, contohnya adalah satkiosa, rafinosa, fruktooligosakarida, dan galaktooligosakarida 2.

Struktur primer: Asam lemak dioksidasi di dalam matriks mitokondria. Tidak seperti karbohidrat dan lipid, asam amino memerlukan pelepasan gugus amina. Sedangkan perhitungan ATP yang dihasilkan oleh 6 atom karbon asam lemak adalah sebagai berikut: Jenis-jenis karbohidrat sangat beragam.

Tahukah Anda bahwa Asetil Ko-A sebagai bahan baku dalam siklus Krebs untuk menghasilkan energi yang berasal dari katabolisme karbohidrat, protein, maupun lemak. Struktur primer:Setelah sebelumnya kami membahas tentang katabolisme glukosa, kali ini kami akan membahas tentang katabolisme protein dan asam lemak.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, selain mengandung karbohidat (glukosa), makanan sehari-hari kita juga mengandung protein dan lemak. · Katabolisme merupakan reaksi pemecahan atau penguraian senyawa kompleks (organik) menjadi sederhana (anorganik) yang menghasilkan energi. Untuk dapat digunakan oleh sel, energi yang dihasilkan harus diubah menjadi ATP (Adenosin TriPhospat).

Katabolisme Lemak Struktur Lemak Berdasarkan struktur dan fungsinya, lemak dibagi menjadi bermacam-macam: Asam-asam lemak: Merupakan suatu rantai hidrokarbon yang mengandung satu gugus metal pada salah satu ujungnya dan salah satu gugus asam atau karboksil.

Secara umum formula kimia suatu asam lemak adalah CH3(CH2)nCOOH, dan biasanya kelipatan dua. katabolisme lemak Jika sumber energi dari karbohidrat telah mencukupi, maka asam lemak mengalami esterifikasi yaitu membentuk ester dengan gliserol menjadi trigliserida sebagai cadangan energi.

Lemak utama dalam makanan dalam darah berbentuk trigliserida, dan fungsi utamanya adalah sebagai cadangan energi. sebagai cadangan energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk simpanan lemak yang utamanya disimpan dalam sel lemak dalam jaringan lemak tubuh.

HUBUNGAN KATABOLISME KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK

sel-sel lemak memiliki enzim khusus di permukaannya yaitu lipoprotein lipase (LPL) yang memiliki kemampuan melepaskan. Reaksi-reaksi selanjutnya adalah katabolisme asam lemak α-tak jenuh dengan jumlah atom karbon ganjil. Defek metabolik yang berkaitan dengan reaksi jalur katabolik lisin adalah hiperlisinemia.

Hiperlisinemia dapat terjadi akibat suatu defek pada aktivitas diatas pada enzim bifungsional aminoadipat semialdehida sintase.

Katabolisme lemak
Rated 0/5 based on 68 review