Gambaran perubahan berat badan pada penggunaan kontrasepsi suntik

Sudah lebih dari tiga dasa warsa, program KB telah berjalan dan dilaksanakan dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa program KB telah diterima dan membudaya di masyarakat. Kata Kunci: Salah satu usaha untuk menanggulangi masalah kependudukan tersebut adah dengan mengikuti program KB yang dimaksudkan untuk membantu pasangan dan perorangan dalam tujuan reproduksi sehat, mencegah kehamilan yang tidak diinginkan dan mengurangi insiden kehamilan yang berisiko tinggi, kesakitan dan kematian, membuat pelayanan bermutu, terjangkau, diterima dan mudah diperoleh bagi semua orang yang membutuhkan, meningkatkan mutu nasehat, komunikasi, edukasi, konseling dan pelayanan meningkatkan pemberian ASI untuk menjarangkan kehamilan ICPD, Keluarga yang mendukung akseptor kontrasepsi suntik dalam menghadapi perubahan siklus menstruasi, maka kemungkinan akseptor kontrasepsi suntik akan merasa lebih percaya diri terhadap kontrasepsi yang dipilihnya, bahkan akseptor kontrasepsi suntik tidak merasa khawatir terhadap perubahan siklus menstruasi.

PERUBAHAN BERAT BADAN PADA PESERTA KONTRASEPSI SUNTIK

Dari uraian di atas, maka penulis tertarik melakukan penelitian tentang pengetahuan akseptor kontrasepsi suntik yang mengalami perubahan siklus menstruasi spotting dan amenorea. Pencapaian peserta KB dari waktu kewaktu juga terus meningkat.

Namun setiap metode kontrasepsi tentu mempunyai efek samping tersendiri metode hormonal seperti suntik ini umumnya menpunyai efek samping yang berupa gangguan haid, perubahan berat badan, pusing atau sakit kepala dan kenaikan tekanan darah Hartanto, Oleh karena itu pemerintah terus berupaya menekan laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat.

Narnun efek samping ini dapat segera hilang baik dilakukan pengobatan ataupun tidak dilakukan pengobatan. Pekerjaan, lingkungan pekerjaan dapat menjadikan seseorang memperoleh pengalaman dan pengetahuan baik secara langsung maupun secara tidak langsung Wahit Iqbal Mubarok, Martosewojo, S.

Data di Puskesmas Deket untuk peserta KB aktif berjumlah 7. Tujuan Penelitian Mengetahui gambaran pengetahuan tentang perubahan siklus menstruasi pada akseptor kontrasepsi suntik di Desa Ploso Buden Kecamatan Deket Kabupaten Oleh karena itu pada pemakaian kontrasepsi ini sering dikeluhkan adanya penambahan berat badan.

Umumnya pertambahan berat badan tidak terlalu besar, bervariasi antara kurang dari 1 kg sampai 5 kg dalam tahun pertama penyuntikan.

Dampak dari kurangnya pengetahuan tentang perubahan siklus menstruasi pada akseptor kontrasepsi suntik salah satunya yaitu para akseptor merasa tidak nyaman pada dirinya karena terdapat perubahan pada dirinya.

Analisis ini meliputi: Oleh karena itu pemerintah terus berupaya menekan laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat. Mansjoer, A. Selain itu, alat kontrasepsi suntik juga membantu mencegah sel telur menempel di dinding rahim sehingga kehamilan dapat dihindari Benson,Ralph C, Penggunaan alat kontrasepsi suntik mempunyai efek samping di antaranya adalah perubahan siklus menstruasi meliputi amenorea dan spotting, meningkatnya atau menurunnya berat badan, mual, pusing, dan muntah Abdul Bari Saifuddin, Semakin tinggi tingkat pendidikan, maka kemungkinan semakin mudah mereka memperoleh dan menangkap informasi yang diberikan yang bersifat positif.

Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia. Dalam pemilihan metode kontrasepsi yang akan dipilih, sebaiknya akseptor memerlukan pertimbangan yang sangat baik dan benar. Wedding One Moment a Lifetime.

Suami dan istri sebagai akseptor dapat saling bekerja sama untuk memutuskan metode yang tepat dan aman. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Samplingyaitu semua anggota populasi menjadi sampel.

Dengan bertambahnya umur, seseorang akan mengalami perubahan pada aspek fisik dan psikologis Wahit Iqbal Mubarok, Risiko kenaikan berat badan menurut Saifuddin kemungkinan disebabkan karena hormone progesterone mempermudah perubahan karbohidrat dan gula menjadi lemak, sehingga lemak di bawah kulit bertambah, selain itu hormone progesterone juga menyebabkan nafsu makan bertambah dan menurunkan aktivitas fisik, akibatnya pemakaian suntikan dapat menyebabkan berat badan bertambah.

Salemba Medika. Kontrasepsi hormonal seperti suntik memiliki daya kerja yang lama, tidak membutuhkan pemakaian setiap hari tetapi tetap efektif dan tingkat reversibilitasnya tinggi, artinya kembali kesuburan setelah pamakain berlangsung cepat FK UNPAD: Nomor 10 tahun tentang perkembangan kependudukan danperkembangan keluarga kecil sejahtera yang serasi dan selaras dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Perubahan kenaikan berat badan merupakan kelainan metabolisme yang paling sering dialami oleh manusia.

Berbagai pilihan alat kontrasepsi ditawarkan kepada masyarakat. Dan juga dapat menyebabkan akseptor merasa takut jika tidak mengalami menstruasi, maka hal tersebut pertanda kehamilan atau penyakit.

Menurut data tahun di Dinas KesehatanGAMBARAN EFEK SAMPING KONTRASEPSI SUNTIK PADA AKSEPTOR KB SUNTIK Sekar Wulan Sari1, Suherni2, Yuliasti Eka Purnamaningrum3 1Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jalan Mangkuyudan MJ III/ Yogyakartaemail: [email protected] Perubahan kenaikan berat badan merupakan kelainan metabolisme yang paling sering dialami oleh manusia.

Perubahan kenaikan berat badan ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor hormonal yang terkandung dalam kontrasepsi suntik yaitu hormon estrogen dan progesteron. Tidak sedikit dari akseptor alat kontrasepsi suntik yang menanyakan keluhan-keluhan atau efek samping alat kontrasepsi suntik, padahal mereka telah mengikuti atau menggunakan alat kontrasepsi suntik cukup lama.

Penggunaan alat kontrasepsi suntik mempunyai efek samping di antaranya adalah perubahan siklus menstruasi meliputi amenorea dan spotting, meningkatnya atau menurunnya berat badan, Author: MGS. Penggunaan suntik KB meningkat dari 28% pada tahun meningkat menjadi 31,6% pada tahun dan menjadi 46,84% pada tahun (Kemenkes RI, ).

Menurut Hartanto (), kontrasepsi suntik adalah kontrasepsi untuk wanita yang diberikan dalam bentuk suntikan yang mengandung hormon. Untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kejadian perubahan berat badan yang dialami akseptor kontrasepsi suntik maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kontrasepsi 5 suntik dengan perubahan beratbadan.

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh mengenai perubahan berat badan pada peserta kontrasepsi suntik. Laju pertambahan penduduk di Indonesia dimasa ini kurang mengembirakan.

Hal ini dapat dilihat dari laju pertumbuhan di Indonesia berdasarkan sensus tahun mencapai 1,26% sedangkan jumlah kelahiran pertahun penduduk mencapai 20,02% (Hasil SKDI ) Pada tahun perkiraan jumlah penduduk Indonesia adalah juta jiwa dengan.

Gambaran perubahan berat badan pada penggunaan kontrasepsi suntik
Rated 5/5 based on 26 review